inspirasi jadi benih ide dan panen nilai serta berotasi


Abstrak

Berisi uraian singkat mengenai olah jiwa, sehingga menentukan arah fikir, guna menciptakan suatu peluang, dan berdampak sosial, serta bernilai. (non-disertasi, juga bukan tesis)

ideologi

JIVA


Berasal dari bahasa Sanskerta, bermakna benih kehidupan, jiwa merupakan bagian immaterial (bukan jasmaniah) dari seseorang, jiwa mencakup fikiran serta kepribadian, muradif dari ruh, dan psikis, serta metafisik.

Pada beberapa kebudayaan, benda-benda mati dianggap memiliki jiwa, kepercayaan ini disebut animisme, namun jiwa manusia berbeda dengan jiwa makhluk lain seperti; binatang, pohon dan lainnya, jiwa manusia bagaikan alam semesta (atau alam semesta itu sendiri) terbalut dalam tubuh manusia dan terus bergerak serta berotasi.

'AQL


Berasal dari bahasa Arab, bermakna pengikatan atau pemahaman terhadap sesuatu. Akal adalah perlengkapan rohaniah manusia yang berfungsi untuk membedakan yang benar dan yang salah. 

Akal merupakan daya fikir untuk memahami, mengingat, menganalisa dan menyimpulkan sesuatu serta lingkungan sekitar. Dengan akal kita dapat bercermin dan menciptakan konsepsi mengenai watak serta keadaan diri kita sendiri.

Dengan akal sehat kita dapat melakukan tindakan waspada terhadap rasa ketidak-pastian yang sangat mendasar pada kehidupan ini dengan cara berdaya dan berupaya serta ikhtiar menciptakan solusi.

Akal tidak hanya digunakan untuk sekadar makan dan tidur serta berkembang biak, tetapi akal juga mengajukan beberapa pertanyaan esensial perihal asal-usul dan alam semesta serta masa mendatang.

Akal menyadarkan kita bahwa betapa tidak kekal dan betapa tidak pasti kehidupan ini. Namun kemampuan akal sangat bergantung pada luas pengalaman serta tingkat pendidikan seseorang (formal maupun informal)

Dikarenakan keterbatasan kemampuan akal manusia dalam menyerap pengalaman dan juga pendidikannya pun tidak semuanya sama, maka kemampuan akal setiap manusia pasti berbeda.

Akal juga bisa memiliki konotasi negatif sebagai penunjang untuk berbuat kejahatan, tipu daya dan muslihat serta kelicikan, ini disebut sebagai akal bulus, akal busuk atau akal-akalan.

COMBINE


Saya sangat meyakini bahwa para pembaca di-sini faham betul mengenai nukilan yang berbunyi; a mens sana in corpore sano, yup; sitiran tersebut berisi mengenai kondisi fisik yang mempengaruhi akal serta fikiran, jika ada pembaca di-sini yang memahami bahasa latin untuk quote yang berisi mengenai jiwa yang mempengaruhi akal serta fikiran, silahkan tulis di-kolom komentar ya guys, thanks 🙏

Orientasi saya mengenai suatu inspirasi sehingga tercipta benih ide yang nantinya akan bisa dipanen (jika digarap) serta berbuah nilai-nilai berkelanjutan dan bahkan berotasi kembali, merupakan suatu proses umum yang sebenarnya banyak orang memahami konsep ini, namun tidak semua orang mau menjalaninya.

Warren Edward Buffett pernah berkata;

Tidak semua orang bersedia menjadi bagian dari prosesmu, namun semua orang mau menjadi bagian dari hasilmu.

Itu berarti, banyak orang hanya mau enaknya saja, jangankan menjadi trendsetter, jadi follower saja mereka hanya mau untung banyak tanpa mau berbuat lebih pada saat proses, mari segera kita abaikan para pribadi yang seperti itu, dan segera cari partner dengan loyalitas tanpa batas.

Sebelum kita bahas perihal benih ide, sebaiknya kita kombinasikan terlebih dahulu antara jiwa serta fikiran, dengan cara; segera buang perasaan negatif dan segeralah berfikir positif (berlaku untuk segala hal, tanpa terkecuali) segera..!

Selanjutnya, ciptakan peluang; cari tau apa yang sedang trending saat ini guna mencari inspirasi, setelah itu pilih serta pilah; mana yang lebih cocok dengan passion - mu, kemudian cermati serta pelajari, lalu ikuti; kendati sedikit meniru namun sertai dengan modifikasi, sambil lalu menikmati; pasti akan ada saatnya terbersit benih ide baru (bisa berupa benih ide baru namun serupa tapi tak sama, atau bisa juga benih ide yang benar-benar 100% baru)

Jika benih ide baru itu sudah tercipta, selanjutnya modif-lah dengan beberapa kiat-kiat khusus guna membuat perbedaan mendasar terhadap yang lainnya, setelah semua dirasa sudah terkonsep, maka segeralah diterapkan, karena sebaik-baiknya ide adalah ide yang diterapkan, bukan ide yang hanya difikirkan berlarut-larut tanpa di-implementasikan.

Terima masukan serta terus kembangkan, hingga menjadi nilai-nilai, dengan begitu; keberhasilan-mu akan menginspirasi banyak orang, begitulah seterusnya kehidupan ini berjalan serta berotasi, tercipta benih ide baru, bermula dari penerapan benih ide yang serupa namun tak sama.

Orientasi


Ciptakan peluang-mu sendiri, lahirkan benih ide baru yang sekiranya bisa kamu terapkan sendirian, supaya kamu tidak bergantung pada sumber daya orang lain dalam menjalankan proses-mu, dengan sendirinya; pasti akan kamu temukan orang yang tepat untuk bergabung dengan apa yang sedang kamu kerjakan menggapai kesuksesan.

Seleksi Alam!


loading...

Komentar

Popular

Mathemagic gimmick (bukan Sulap bukan Sihir)

SI-ADI DEMEN BABI (empiris)

Waktu Terbaik Promosi Bisnis Pada 4 Media Sosial

6 Bisnis Ciamik saat Pandemic

Kerja Keras + Cerdas + Tuntas + ikhlas = SUKSES

Model Modal (3M) Modol

3 kemungkinan penyebab nomor diblokir WhatsApp

Aku Seorang Pemakan Riba dan Aku Tidak Sendirian

5 aplikasi Soksial Media saat Social Distancing