Kerja Keras + Cerdas + Tuntas + ikhlas = SUKSES


Abstrak

Berisi suatu teori mengenai rumus sukses yang mungkin bisa dijadikan sebagai kunci guna meraih obsesi dan merealisasi ambisi, namun semua ini bergantung pada setiap pribadi dalam memahami dan menyikapi serta meyakini bahwa jika disadari; sukses adalah hak semua orang, dan merupakan sesuatu yang hakiki.


Rumus sukses

Kerja Keras

Merupakan kegiatan bekerja secara teladan, tekun dan bersungguh-sungguh, totalitas tanpa batas, penuh semangat serta selalu berupaya sekuat daya dan tenaga, selalu fokus dan pantang menyerah demi meraih hasil terbaik, tiada waktu melakukan hal yang tiada guna. Kerja keras bukan berarti bekerja menggunakan otot secara keras, karena kerja keras bukan berarti kerja kasar, kerja keras bisa bermakna patuh dalam disiplin, dan berani mengorbankan waktu, seperti; kepatuhan bangun pagi setiap hari, gigih dan giat melawan rasa malas yang menyelimuti rasa kantuk dikala pagi hari.

Sifat pekerja keras harus dimiliki oleh setiap orang, karena secara hukum sebab-akibat; dengan bekerja keras, seseorang pasti akan berhasil meraih apapun yang dikehendaki, karena kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Bekerja keras mengais rizqi guna memenuhi kebutuhan keluarga merupakan suatu perbuatan terpuji, bahkan Rasulullah SAW menyetarakan level derajat orang yang bekerja keras demi meraih rizqi halal dan barokah dengan orang yang berjihad fisabilillah. Menurut HR. Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya;
Barang siapa yang berusaha bersusah-payah untuk mencukupi kebutuhan keluarganya, maka mereka bagaikan berjuang di jalan Allah SWT.

Allah SWT juga berfirman di dalam Al-Qur’an surat at-taubah ayat 105, yang artinya;
Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasulnya beserta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu, dan kamu akan dikembalikan kepadanya (Allah) yang maha mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakannya kepada-mu apa yang telah kamu kerjakan.

Bekerja keras memang sangat dianjurkan, namun segala hal tetap ada batasannya, termasuk bekerja keras juga ada batasannya, jika kita melampaui batasan tersebut, kerja keras tanpa ingat waktu (workaholic) maka kita akan termasuk ke dalam golongan orang yang tamak. Banyak orang berkata bahwa untuk bisa meraih kesuksesan, maka kita harus bekerja keras, dan banyak juga orang sukses menambahkan bahwa kesuksesan yang telah digapainya adalah hasil dari kerja cerdas, jadi sangat dianjurkan bagi kita untuk melakukan unifikasi antara kerja keras dan kerja cerdas.

Kerja Cerdas

Berbeda dengan kerja keras, kerja cerdas adalah suatu cara yang mengeksploitasi daya fikir supaya bisa mendapatkan hasil berupa kreatifitas guna membantu kinerja pekerjaan. Dalam arti sempit, kerja cerdas yaitu; bekerja dengan usaha yang lebih ringan dan waktu yang lebih sedikit, namun hasil lebih besar. Prinsip kerjanya sama seperti cara kita memanfaatkan dongkrak mobil, kita tidak akan kuat mengangkat dan menahan mobil tanpa bantuan orang lain, namun dengan menggunakan dongkrak, kita mampu mengangkat dan menahan mobil sendirian tanpa energi berlebih dengan cepat dan mudah.

Lalu bagaimana cara kita memudahkan tujuan..? Kita harus bisa menciptakan solusi. Berikut ini adalah beberapa contoh upaya yang dapat kita dilakukan guna mendapat solusi, yaitu;
  • Manfaatkan situasi dan kondisi yang ada pada lingkungan sekitar.
  • Pergunakan waktu sebaik mungkin untuk belajar dan terus belajar, jangan pernah ragu untuk belajar pada orang lain yang sudah terbukti berhasil.
  • Ciptakan ide kreatif untuk meningkatkan kinerja, tidak ada yang tidak mungkin.

Kembali lagi pada prinsip kerja keras, karena tidak ada pelaku kerja cerdas yang sukses tanpa melalui proses kerja keras. Berikut ini adalah beberapa contoh prinsip kerja cerdas, yaitu;
  • Mengetahui apa sebenarnya tujuan kita melakukan pekerjaan tersebut.
  • Melihat sisi kehidupan dan pekerjaan dari sudut pandang lain yang jauh lebih mudah.
  • Berfikir kritis sebelum bertindak.
  • Memahami lingkungan sekitar.
  • Memiliki kemampuan kontrol antara waktu kerja dengan kehidupan.
  • Dari yang membutuhkan tenaga sampai yang hanya membutuhkan kreatifitas.

Setelah kita lakukan semua unifikasi antara kerja keras dan kerja cerdas, maka segeralah dan selalu tuntaskan semua pekerjaan-pekerjanmu.

Kerja Tuntas

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kata tuntas secara eksplisit berarti finish, maka kerja tuntas berarti bekerja hingga selesai. Tuntaskan pekerjaan-mu se-segera mungkin secara on time, jangan pernah menunda apapun, tanpa terkecuali, apalagi pekerjaan, apapun pekerjaan-mu itu, segera selesaikan tepat waktu. Cara efektif menyelesaikan suatu pekerjaan secepat mungkin adalah; susun terlebih dahulu lalu segera selesaikan, ciptakan semacam peta fikiran untuk mengorganisir dengan cara membuat rancangan atau susunan guna menyelesaikan pekerjaan-mu dengan mudah. Saran; selesaikan pekerjaan yang dirasa mudah terlebih dahulu. Setelah itu apapun hasilnya, maka ikhlaskan-lah.

Kerja ikhlas

ikhlas, menurut kamus bahasa Indonesia berarti bersih hati dan tulus hati serta memberikan atau menyerahkan dengan setulus hati (merelakan). Dalam arti sempit, maka kerja ikhlas adalah bekerja dengan setulus hati. Perlu disadari bahwa meski kita sudah bekerja keras dan cerdas serta tuntas, namun ada kalanya kita belum mendapat hasil yang sesuai harapan, bahkan ternyata takdir Tuhan berkehendak lain, maka selain kita harus bekerja keras dan cerdas serta tuntas, kita juga harus ikhlas demi meraih kesuksesan.

Sama dengan seperti kata sukses, kata ikhlas sangat mudah diucap namun terasa sangat berat diterapi dalam kehidupan sehari-hari, pada segala hal termasuk pekerjaan. Guna meraih kesuksesan maka kita harus mampu bekerja keras, cerdas dan tuntas serta ikhlas, karena keterampilan dan bakat saja belum tentu cukup untuk meraih kesuksesan, harus ada pengalaman dan kerendahan hati yang diperoleh dari kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas serta kerja ikhlas, maka cobalah semua cara kerja tersebut dan semoga sukses.

SUKSES

Merupakan suatu hal yang sangat nisbi, relatif, dan tidak mutlak. Semua orang sangat ingin sukses pada semua bidang. Sukses dapat diukur dari kebahagiaan diri kita sendiri. Seberapa bahagia kita..? Bukan hanya berpatokan pada banyaknya harta yang telah kita miliki, namun kesuksesan juga merupakan suatu pengembangan sifat dari rasa bahagia dalam beberapa situasi.

Bukan hanya itu saja, ketika kita sudah fokus pada kebahagiaan, maka dari sisi kekayaan akan selalu mengikuti kita, boleh dibilang bahwa rizqi berupa kekayaan akan terus mengikuti seseorang yang melakukan segala hal dengan penuh rasa senang, karena sukses sangat identik dengan rasa rendah hati nan sederhana.

Sukses juga dapat diukur dari perubahan dan revolusi. Sukses bisa terjadi setelah ada kegagalan, karena sukses tak lepas dari resiko, untuk bisa mencapai kesuksesan, kita harus berani dan mampu melawan semua resikonya, maka dari itu sejumlah kalangan telah menimbang dan menilai bahwa untuk bisa sukses tak bisa lepas dari semua unsur resiko. Sukses bisa diukur dari cinta, berapa banyak orang yang mencintai kita..?

Kesuksesan merupakan segala hal tentang cinta, karena dengan adanya cinta, maka kebahagiaan menjadi suatu konsep yang bisa dibeli dengan mudah, namun sayangnya tidak semua orang memiliki persepsi yang sama mengenai cinta dan juga definisi dari kekayaan, kesuksesan hanya dirasakan sebagai suatu komponen fana yang berbeda dengan kebahagiaan, komponen sukses berasal dari diri sendiri, mungkin saat ini kita masih belum terlalu memahami bahwa apa komponen terbaik yang harus dicapai untuk memaksimalkan semua kesuksesan, sedangkan dari sisi dengan menggunakan semua cara untuk menggapai kesuksesan masih harus dicermati lagi, jadi bisa kita terka bahwa ada beberapa komponen penting yang berasal dari diri sendiri hingga pada akhirnya ada sejumlah poin utama yang kemudian dijadikan sebagai modal utama seseorang untuk mencapai sukses.

Sukses tak kepas dari investasi, terdapat beragam investasi yang bisa kita pilih sebagai tabungan untuk masa depan, orang sukses pastinya telah menyadari bahwa investasi sangatlah berguna dan penting, pada akhirnya terdapat sejumlah porsi yang berbeda, kemudian dijadikan sebagai modal utama dan yang paling tepat untuk merubah hidup seseorang hingga banyak dicintai.

Terdapat banyak definisi soal sukses, pastinya kita dapat mencoba beberapa pengalaman terbaik yang kemudian bisa langsung dijadikan sebagai modal utama guna mengembangkan potensi kita sendiri. Utamakan kebahagiaan dan berbahagialah, jika kita sudah merasa bahagia, itulah kesuksesan yang sesungguhnya. Jangan terlalu mengejar dunia, karena dunia ini selalu berotasi.
Hidup itu; ya begini. Kemarin begitu, hari ini ya begini, esok hari pasti akan begitu lagi, dan lusa nanti juga pasti akan begini kembali. Begitu seterusnya kehidupan ini berotasi.
loading...

Komentar

Popular

Mathemagic gimmick (bukan Sulap bukan Sihir)

SI-ADI DEMEN BABI (empiris)

Waktu Terbaik Promosi Bisnis Pada 4 Media Sosial

6 Bisnis Ciamik saat Pandemic

Model Modal (3M) Modol

3 kemungkinan penyebab nomor diblokir WhatsApp

Aku Seorang Pemakan Riba dan Aku Tidak Sendirian

5 aplikasi Soksial Media saat Social Distancing