87% Orang Merasa Lebih Bahagia Bekerja Dibidang Kreatif


Abstrak

Berisi kisaran angka mengenai hasil dari survey yang dilakukan secara pribadi pada 100 orang yang pernah, dan atau masih bekerja, berkarir dan atau berbisnis di-bidang industri kreatif. Jajak pendapat dilakukan secara ringan, hanya sebatas tanya-jawab kepada teman, kawan, rekan, kerabat dan sahabat serta relasi yang tersebar di-beberapa kota besar di dalam negeri.

Survey Bisnis Kreatif

Sektor Bidang Industri Kreatif


Berasal dari pengembangan suatu bakat dan keterampilan serta kreativitas individu dari seseorang atau golongan tertentu untuk membuka peluang lapangan pekerjaan guna menciptakan kesejahteraan dengan cara mengeksploitasi daya cipta dan daya kreasi sehingga dapat menghasilkan ekonomi masyarakat. Industri Kreatif merupakan aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan suatu penciptaan, penggunaan, pemanfaatan serta pemberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta informasi.

Industri kreatif dipandang sangat penting dalam mendukung kemajuan perekonomian, berbagai pihak banyak yang berpendapat bahwa kreativitas manusia merupakan sumber daya ekonomi utama dan bahwa industri abad 21 akan bergantung pada produksi kreativitas dan inovasi.

Terdapat beberapa definisi yang berbeda-beda mengenai kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam industri kreatif, bahkan terkadang penamaannya menjadi isu yang diperdebatkan. Dengan adanya perbedaan yang signifikan, sekaligus tumpang tindih antara istilah industri kreatif, industri budaya (kearifan lokal) dan ekonomi kreatif, maka berikut ini merupakan sektor industri berbasis kreativitas yang berdasarkan pemetaan pada industri kreatif, yaitu;
  • Arsitektur
    • Merupakan suatu profesi kreatif yang berkaitan dengan jasa desain bangunan, perencanaan biaya konstruksi dan kontrol konstruksi serta konservasi bangunan secara menyeluruh, mulai dari level mikro atau detail konstruksi, seperti; arsitektur taman dan interior design, hingga ke level makro, seperti; landscape architecture, town planning dan urban design.

  • Designer
    • Merupakan suatu profesi kreatif yang berkaitan dengan kreasi desain grafis, desain identitas perusahaan, desain industri dan produksi, desain packing dan packaging serta desain riset dan pemasaran.

  • Fashion atau Mode
    • Merupakan suatu profesi kreatif yang berkaitan dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, desain aksesoris mode lainnya dan jasa konsultansi lini produksi serta distribusi produk fesyen.

  • Seni Pertunjukan
    • Merupakan suatu profesi kreatif yang berkaitan dengan kreasi produksi pertunjukan, seperti; balet, drama, kabaret, opera, sandiwara, musik etnik tradisional dan modern, musikalisasi puisi, teater, tarian etnik tradisional dan modern, desain busana dan ornamen, serta tata cahaya dan panggung.

  • Musik
    • Merupakan suatu profesi kreatif yang berkaitan dengan kreasi atau komposisi, produksi ulang dan produksi baru serta distribusi hasil dari rekaman dan konser.

  • Radio dan Televisi
    • Merupakan suatu profesi kreatif yang berkaitan dengan kreasi produksi transmisi konten melalui acara siaran, seperti; station relay radio, dan kemasan acara televisi, seperti; games, reality & talk show, infotainment, quiz dan lain-lainnya.

  • Film, Fotografi dan Video
    • Merupakan suatu profesi kreatif yang berkaitan dengan kreasi produksi serta distribusi rekaman film dan konten video serta jasa fotografi, termasuk manajemen produksi, penulisan skrip, tata artistik dan suara, sinematografi, editing dan eksibisi film.

  • Advertising
    • Merupakan suatu profesi kreatif yang berkaitan dengan jasa iklan berupa komunikasi searah melalui media tertentu yang meliputi proses kreasi dan produksi serta distribusi, seperti; iklan outdoor, perencanaan komunikasi iklan, produksi material iklan, promosi, riset pasar, kampanye relasi publik, tampilan iklan pada media cetak, online, digital dan elektronik.

  • Percetakan dan Penerbitan
    • Merupakan suatu profesi kreatif yang berkaitan dengan barang cetakan, seperti; aksesoris, bordir, engraving atau grafir ukir, poster, foto, dan sablon. Juga berkaitan dengan penerbit, seperti; penulisan, buku, jurnal dan digital konten.

  • Game maker
    • Merupakan suatu kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi game computer, android e-sport, dan video game yang bersifat hiburan dan edukasi serta ketangkasan hingga kejuaraan international.

  • Layanan Komputer dan Peranti Lunak
    • Merupakan suatu profesi kreatif yang berkaitan dengan teknologi informasi, termasuk jasa layanan komputer, seperti; analisis dan integrasi sistem, pengolahan serta pengembangan database dan software, desain arsitektur serta prasarana software dan hardware, serta desain portal dan maintain.

  • Riset dan Pengembangan
    • Merupakan suatu profesi kreatif yang berkaitan dengan humaniora, seperti; pengembangan serta penelitian bahasa, sastra, seni dan budaya. Juga merupakan suatu profesi inovatif berupa jasa konsultasi dan manajemen bisnis dengan menawarkan hasil temuan dari ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi yang bertujuan untuk melakukan perbaikan pada suatu produk dengan cara menerapkan kreasi dan produksi ulang atau produksi baru serta distribusi baru, alat baru, metode baru, proses baru dan material baru serta teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.

  • Kerajinan
    • Merupakan suatu profesi kreatif yang berkaitan dengan kreasi dan produksi serta distribusi produk yang diproduksi dalam jumlah yang relatif kecil, bukan produksi massal atau pabrikan. Produk dibuat atau dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain hingga finishing, seperti; bambu, kapur, batu berharga, besi, emas, kaca, kain, kayu, kulit, logam, marmer, perunggu, perak, porselin, rotan, tanah liat, serat alam maupun buatan, dan tembaga.

  • Pasar Antik dan Barang Seni
    • Merupakan suatu profesi kreatif yang berkaitan dengan komoditi asli, unik dan langka serta memiliki nilai seni estetika tinggi, seperti; alat musik, retro film, kerajinan tangan, barang cetakan, seni rupa, lukisan, miniatur automobile, dan lain sebagainya. Umumnya berupa toko di pasar loak, galeri, lelang, dan internet.

  • Kuliner
    • Merupakan suatu usaha kreatif yang masuk ke dalam studi pada pemetaan produk berupa makanan olahan yang dapat ditingkatkan daya saingnya di dalam pasar ritel tradisional dan modern, bahkan internasional. Studi dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi selengkap mungkin mengenai produk-produk makanan olahan tersebut untuk disebar-luaskan melalui media yang tepat, di dalam dan di luar negeri. Studi ini dilatar-belakangi oleh warisan budaya berupa produk makanan khas, yang pada dasarnya merupakan sumber keunggulan komparatif, namun dikarenakan kurangnya perhatian dan pengelolaan yang menarik, membuat keunggulan komparatif tersebut tidak tergali menjadi lebih bernilai ekonomis. Usaha ekonomi kreatif sebagai prakarsa dengan asumsi modal kecil dan diminati masyarakat serta memiliki pangsa pasar yang luas adalah usaha kuliner jajanan sederhana, seperti; penjual bajigur, bakso, gorengan, ketoprak dan lain sebagainya.

Dari semua sektor industri kreatif yang telah saya sebutkan di atas, sudah saya lakukan survey ringan terhadap 100 orang teman, kawan, rekan, kerabat dan sahabat serta relasi yang tersebar di-beberapa kota besar di dalam negeri, yang masing-masing dari mereka pernah, dan atau masih bekerja, berkarir dan atau berbisnis dibidang tersebut. Hasilnya adalah;

87 orang merasa lebih militan berkarir dibidang tersebut, dengan alasan yang beraneka-ragam, dan selebihnya 13 orang lainnya merasa kurang cocok berkarir dibidang tersebut dengan alasan yang juga beraneka ragam. Namun mohon maaf, saya tidak bisa menjabarkan alasan mereka satu-persatu disini, karena ini menyangkut pada karakter dan kredibilitas seseorang, sekian.



loading...

Komentar

Popular

Mathemagic gimmick (bukan Sulap bukan Sihir)

SI-ADI DEMEN BABI (empiris)

Waktu Terbaik Promosi Bisnis Pada 4 Media Sosial

6 Bisnis Ciamik saat Pandemic

Kerja Keras + Cerdas + Tuntas + ikhlas = SUKSES

Model Modal (3M) Modol

3 kemungkinan penyebab nomor diblokir WhatsApp

Aku Seorang Pemakan Riba dan Aku Tidak Sendirian

5 aplikasi Soksial Media saat Social Distancing