Ciptakan 5 Poinnya kemudian Periksa Tulisan-mu


Abstrak

Berisi rancangan sederhana mengenai tulisan secara umum supaya mudah difahami oleh para pembaca. Meliputi pemikiran, konten, kutipan dan alur serta tata bahasa. Ciptakan kreasi-mu se-menarik mungkin, buat-lah berguna bagi banyak orang, berguna dalam arti luas, bisa berupa informasi, atau hanya sekedar opini, kemudian periksa kembali tulisan-mu.

Periksa kembali Tulisan-mu
Pemetaan Peta Fikiran

PENULISAN

Menulis merupakan kegiatan guna mencipta suatu catatan atau informasi pada media dengan menggunakan aksara. Menulis biasanya dilakukan pada media kertas dengan menggunakan alat tulis seperti pena atau pensil.

Berdasarkan dari penemuan sejarah;
  • Bangsa Mesir kuno menciptakan penulisan berupa gambar, disebut hieroglif (hieroglyph).
  • Bangsa Sumeria (Mesopotamia / Irak kuno) menciptakan tanda-tanda pada tanah liat. Tanda-tanda tersebut mewakili bunyi, berbeda dengan gambar-gambar hieroglif yang mewakili kata dan benda.
  • Kemudian ditemukanlah tulisan berupa aksara setelahnya.

Sejak terciptanya industri percetakan, kegiatan menulis mulai berkembang, membuat orang-orang semakin giat menulis, karena karya-karya mereka menjadi mudah untuk diterbitkan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan media, kegiatan menulis juga ikut berkembang pesat di dunia.

Melalui media elektronik, setiap orang dapat memperoleh bahan penulisan dari media internet, sehingga penulisan menjadi lebih efisien. Saat ini penulis juga bisa berbagi semua tulisannya ke siapa-pun, kapan-pun dan dimana-pun dengan menggunakan teknologi berbasis online. Dan para pembaca-pun menjadi lebih mudah untuk melihat tulisan-tulisan yang digemarinya.

Sebelum kamu menciptakan suatu penulisan, sebaiknya kamu fikirkan terlebih dahulu perihal apa yang hendak kamu tulis, buatlah semacam peta pemikiran yang meliputi 5 (lima) poin, yaitu; konten, kutipan, alur dan tata bahasa, serta evaluasi (periksa kembali tulisan-mu.

KONTEN

Merupakan informasi yang tersedia pada berbagai media, salah-satunya adalah media online. Terdapat banyak jenis konten pada media internet, salah-satunya adalah konten penulisan. Dan terdapat berbagai macam penulisan pada media daring, salah-satunya adalah penulisan artikel. Serta terdapat banyak varian artikel, salah-satunya adalah artikel online.

Konten yang kamu ciptakan sebaiknya harus meliputi; tujuan dan relevansi serta audiens-nya.

KUTIPAN

Merupakan suatu ekspresi sebagai bagian dari kelengkapan penulisan, terutama ketika ekspresi yang dikutip tersebut merupakan sesuatu yang sangat populer, atau secara tersurat dihubungkan dengan kutipan pada sumber aslinya, dan ditandai atau diselingi dengan tanda kutip. Kutipan juga dapat merujuk pada penggunaan kalimat berulang sebagai bentuk dari ekspresi lainnya.

Jika kamu ingin menyisipkan suatu kutipan dalam tulisan-mu, sebaiknya perhatikan pula perihal; apa dan siapa serta bagaimana (mengenai kutipannya)

ALUR

Narasi dapat berisi informasi, fakta atau fiksi. Dalam setiap penulisan terdapat narasi, dan dalam setiap narasi berupa alur. Alur merupakan rangkaian narasi yang dikarang serta dijalin sedemikian rupa sehingga menghidupkan suatu penulisan, dari awal, tengah hingga akhir.

Lazimnya suatu alur dari narasi adalah; pendahuluan dan inti serta kesimpulan, namun dalam hal ini kamu bebas berkreasi untuk menentukan isi tulisan-mu.

Tata Bahasa

Paramasastra atau linguistik merupakan suatu bagian dari bidang ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah dalam mengatur penggunaan bahasa. Tata bahasa meliputi; kalimat dan ejaan serta subject kata kerja. Sebaiknya pergunakan tata bahasa yang indah namun tetap sesuai pada kaidah.

EVALUASI

Setelah semua tercipta, maka "periksa kembali tulisan-mu" dan selamat berkarya, jaga selalu semangat-mu, kembangkan terus bakat-mu.
Penulis yang baik, ialah pembaca yang baik.


loading...

Komentar

Popular

Mathemagic gimmick (bukan Sulap bukan Sihir)

SI-ADI DEMEN BABI (empiris)

Waktu Terbaik Promosi Bisnis Pada 4 Media Sosial

6 Bisnis Ciamik saat Pandemic

Kerja Keras + Cerdas + Tuntas + ikhlas = SUKSES

Model Modal (3M) Modol

3 kemungkinan penyebab nomor diblokir WhatsApp

Aku Seorang Pemakan Riba dan Aku Tidak Sendirian

5 aplikasi Soksial Media saat Social Distancing